Langsung ke konten utama

Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik








Terjadinya masalah sosial di masyarakat menyebabkan munculnya dampak bagi kehidupan masyarakat tersebut. Dampak tersebut dapat berupa dampak negatif maupun dampak positif. Permasalahan yang terjadi menyebabkan terjadinya perubahan dalam masyarakat. Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik, sebagai berikut.
1. Adanya kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin
Kesenjangan sosial di masyarakat adalah salah satu masalah sosial. Sedangkan arti dari kesenjangan sosial itu sendiri sebuah fenomena yang terjadi pada masyarakat Indonesia dan masyarakat di dunia yang disebabkan oleh perbedaan dalam hal kualitas hidup yang sangat mencolok. Biasanya penyebab kesenjangan sosial itu karena adanya perbedaan strata atau kedudukan.
2. Meningkatnya tingkat kriminalitas
Tingkat pengangguran yang tinggi membuat orang-orang tidak dapat memenuhi kebutuhan  akan kehidupannya, sehingga sering kali orang tersebut mencari jalan pintas agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
Hal ini menyebabkan terjadinya kriminalitas dalam masyarakat, contohnya dengan mencuri, memeras, bahkan membunuh. Ini hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah, karena dengan banyaknya pengangguran maka tingkat kriminalitas juga akan terus meningkat.
3. Terjadinya perpecahan kelompok
Perpecahan kelompok dapat terjadi akibat terjadinya perbedaan-perbedaan antar anggota kelompok. Dengan demikian, memunculkan benih konflik dalam kelompok tersebut. Pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya perpecahan konflik.
4. Meningkatkan pengangguran
Pengangguran atau tuna karya  adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari seminggu, seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya.
5. Munculnya perilaku menyimpang
Perilaku menyimpang terjadi pada masyarakat yang memiliki nilai-nilai kebudayaan yang menyimpang, yaitu suatu kebudayaan khusus yang normalnya bertentangan dengan norma-norma budaya yang dominan atau umum . Oleh karena itu, hasil dari sosialisasi ini adalah perilaku yang menyimpang dari masyarakat pada umumnya. Unsur-unsur budaya yang menyimpang  meliputi perilaku, nilai-nilai dominan yang dimiliki oleh anggota-anggota kelompok yang biasanya bertentangan dengan tata tertib masyarakat. Unsur-unsur budaya yang menyimpan memisahkan diri dari aturan-aturan, nilai, bahasa, dan istilah yang berlaku umum.


Semoga bermanfaat.




Copyright © 2018 Wahyudibagiilmu.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Relasi Antarkelompok dan Terciptanya Keharmonisan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Relasi Antarkelompok dan Terciptanya Keharmonisan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat Sosiologi • By Muhammad Rezki Wahyudi Https://Wahyudibagiilmu.blogspot.com Relasi Antarkelompok dan Terciptanya Keharmonisan Sosial dalam Kehidupan Masyaraka  Dalam kehidupan bermasyarakat perbedaan pasti ada. Akan tetapi, perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan masyarakat bukanlah penghalang untuk menciptakan kehidupan yang harmonis. Salah satu jalan menciptakan keharmonisan yaitu dengan penerapan prinsip-prinsip kesetaraan. Hal ini terkait dengan hak setiap orang yang ingin diperlakukan sama atau mendapatkan hak-haknya. Menjaga keharmonisan merupakan kewajiban bagi setiap anggota masyarakat termasuk kita. 1. Dinamika Masyarakat Indonesia Keberagaman budaya merupakan tantangan sekaligus peluang bagi masyarakat Indonesia. Dikatakan sebagai tantangan karena apabila tidak dikelolla dan ditangani dengan baik, keberagaman budaya akan dapat mendorong timbulnya persaingan dan pertent

Syair Wulidal habibu famarhaban Lirik

 Syair Wulidal habibu famarhaban Lirik وُلِدَ الْحَبِيْبُ فَمَرْحَبًا جَاءَ الطَّبِيْبُ فَاَطْرَبَا جَلَّ الْخَلَّاقْ وُلِدَ الْحَبِيْب Syair Ya Khoiro Maulud هِمْ يَا فُؤَادِى فَاَ خْفِقَا بِهَوَى النَّبِيِّ الْمُوَفِّقَا سَامِى الْأَخْلَاقْ وُلِدَ الْحَبِيْب فَهْوَ الشَّفِيْعُ الْمُحَقَّقَا عَمَّ الْوُجُوْدَ فَاَشْرَفَا نُوْرُ الْاِشْرَاقْ وُلِدَ الْحَبِيْب Syair Asyroqot anwar nabina زِدْ یَاغَرَامِی بِحُبِّهٖ لُذْيَافُؤَادِى بِقُرْبِهٖ تَنْسَى الْاَلَامْ وُلِدَ الْحَبِيْب سِرْ يَالَبِيْبُ بِدَرْبِهٖ فَهُوَالْحَبِيْبُ لِرَ بِّهٖ بَيْنَ الْاَنَامْ وُلِدَ الْحَبِيْب Syair Wulidal Habibu Famarhaban lirik dan terjemahan full Syair Ya Muhaimin ya salam full اَيْنَ الطَّرِيْقُ لِاَطْلَبَا كَيْفَ السَّبِيْلُ لِاَ كْسِبَا وَاَنا الْوَهَّانْ وُلِدَ الْحَبِيْب jangan lupa subscribe like coment and share agar channel ini semakin berkembang. ========================================== Terimakasih semoga bermanfaat.

Kubah hijau datu pulau beruang

Assalamualaikum sahabat wahyudibagiilmu Muhammad Rezki Wahyudi https://wahyudibagiilmu.blogspot.com/2020/01/kubah-hijau-datu-pulau-beruang.html?m=1  pada kali ini saya akan menjelaskan tentang keberadaan kubah datu pulau beruang yang berada di kawasan Guntung Damar RT 12 RW 03 Kelurahan Guntung Payung, Landasan Ulin, Banjarbaru. (Belakang  Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor) sumber:    https://m.facebook.com/groups/331214433994178/?ref=group_header&view=permalink&id=789758878139729 https://wahyudibagiilmu.blogspot.com/2020/01/kubah-hijau-datu-pulau-beruang.html?m=1 Sebelum membaca lebih jauh, agar tidak menimbulkan perdebatan dan kebingungan, mungkin perlu kita garis bawahi, tulisan di bawah merupakan versi sumber yang kebetulan ditemui penulis saat ziarah ke makam, Senin (18/11/2019). Bahwa ada versi lain yang mungkin dianggap lebih cocok atau lebih diyakini, dipersilakan kembali kepada keyakinan masing-masing. Demikian sekadar muqaddimah